fbpx
Kab. Blora, Jawa Tengah
0877 3919 7638

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Kelor Yang Paling Baik

Bagaimana Cara Konsumsi Kelor yang Paling Baik? Apakah dengan minum teh kelor? Konsumsi kapsulnya? Atau dengan seduhan serbuknya? Jawabannya adalah… tidak ketiganya. Cara konsumsi kelor yang paling baik adalah dengan cara disayur! Mengapa demikian? Karena seperti yang kita ketahui, kelor mengandung vitamin, nutrisi dan mineral yang sangat lengkap. Namun, beberapa kandungan vitamin dalam kelor sangat rentan terhadap suhu (Vitamin C dan B kompleks), sehingga proses pemanasan akan menyebabkan berkurangnya kandungan vitamin larut air dalam kelor. Meskipun bukan berarti kandungan nutrisi kelor hilang seluruhnya saat diproses, kandungan nutrisi kelor yang paling lengkap tetap ada pada daun segarnya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sayur kelor, agar kandungan nutrisi kelor tetap terjaga saat dimasak. Yang pertama, daun kelor harus sudah dikonsumsi maksimal 4 jam setelah dipetik dari pohonnya. Daun kelor yang sudah dipetik akan segera mengalami proses fermentasi dan mengalami penurunan kandungan nutrisi. Hal ini bisa dibuktikan dengan cara menumpuk daun kelor segar dalam 1 wadah, tunggu 10 menit, maka dasar tumpukan daun tersebut akan mengeluarkan panas, tanda proses fermentasi dimulai.

Hal yang kedua adalah, jangan merebus daun kelor saat proses memasak, melainkan masukkan kelor setelah masakan matang. Jadi, setelah semua bumbu dan bahan pelengkap matang, matikan kompor, cuci daun kelor segar, kemudian masukkan daun kelor ke dalam panci bersama sayur yang sudah matang, aduk hingga merata dan tutup selama 5 menit agar menyatu, lalu sajikan.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak video di bawah ini

23 thoughts on “Bagaimana Cara Mengkonsumsi Kelor Yang Paling Baik

  1. Betul, konsumsi kelor yang paling baik adalah dengan disayur karena apapun itu makanan yang sudah diolah akan ada penurunan kandungan nutrisi. Meskipun demikian, proses yang baik tidak akan menurunkan nutrisi terlalu banyak, misalanya dalam hal suhu yang digunakan dalam mengeringkan kelor, asalkan tidak lebih dari 40 derajat Celcius, maka kandungan nutrisi dalam olahan daun tidak akan terjadi penurunan terlalu banyak.

      1. kalau hilang total tidak sih pak, hanya nutrisinya akan banyak yg rusak karena suhu yg terlalu panas. Akan lebih baik kalau dikeringkan dalam suhu ruangtidak lebih dari 40 derajat Celcius.

  2. Apakah ada ketentuan untuk mengkomsumsi daun kelor…baik takarannya maunpun berapa kali mengkkmsumsinya dalam 1 hari atau dalam 1 minggu
    Terimakasih bantuannya

    1. Kelor boleh dikonsumsi setiap hari, karena kelor adalah sayuran yang bernutrisi tinggi. Kelor bukan obat, tapi makanan bernutrisi tinggi dan lengkap dan aman dikonsumsi setiap hari.

    1. Karena kandungan nutrisinya yg tinggi, kelor sangat baik digunakan utk menjaga daya tahan tubuh dan membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit, termasuk sakit ginjal.

  3. Kalau sy simpan daun kelor dalam wadah kemudian saya masukkan ke lemari es setelah beberapa hari apakah masih boleh dikonsumsi?

    1. kalau masuk di lemari es tidak masalah, tapi akan lebih baik kalau segera dikonsumsi atau diolah menjadi sayur dan langsung di konsumsi

    1. kalau kondisi tubuh sedang tidak fit, bisa jadi setelah konsumsi kelor ada detox berupa pusing, tapi itu normal dan bisa diteruskan utk konsumsi kelor

  4. Kalo suamiku maunya kelor dikeringkan dulu beberapa hari kemudian baru diseduh pakai air panas.tapi mengeringkannya di dalam ruangan.tidak terkena sinar matahari. Bagaimana itu ya?

  5. Didaerah saya banyak pohon kelor, klo didaerah saya cairan yg terdapat dari batang pohon nya bisa dijadikan obat tetes mata. Kalo daun nya suka dibuang begitu aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *