fbpx
DC Blora
0877 3919 7638

Manfaat Daun Kelor Bagi Ibu Menyusui

Hampir tak ada yang memungkiri manfaat dari ASI (Air Susu Ibu) bagi perkembangan bayi terutama di awal 6 (enam) bulan pertama pertumbuhan sang buah hati. Kesadaran ibu untuk memberikan ASI eksklusif enam bulan kepada sang buah hati pun semakin meningkat.

Memberikan air susu ibu kepada bayi merupakan pilihan utama yang harus dilakukan oleh ibu karena banyaknya manfaa asi untuk bayi. Beberapa manfaat asi untuk bayi diantaranya seperti :

  • menjaga sistem kekebalan dan daya tahan tubuhnya
  • membantu proses pertumbuhan dan perkembangan berbagai macam organ
  • mencerdaskan bayi
  • menjaga berat badan bayi agar selalu normal
  • menurunkan resiko kematian pada bayi
  • memaksimalkan pertumbuhan tulang
  • meningkatkan hubungan emosional antara ibu dengan bayinya.

Pentingnya ASI dalam proses menyusui tersebut menjadikan ibu harus menjaga kualitas maupun jumlah ASI yang dapat diproduksi oleh tubuh ibu. Beberapa upaya seperti mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui, mengkonsumsi multivitamin, dan memanfaatkan beberapa bahan makanan tertentu harus dilakukan oleh ibu agar ASI selalu dalam jumlah mencukupi dengan kualitas yang baik.

Berikut adalah manfaat daun kelor untuk ibu menyusui yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Memperbanyak produksi ASI
    Seperti halnya manfaat daun katuk untuk ibu menyusui, daun kelor juga dapat digunakan untuk membantu memperbanyak produk asi. Daun kelor merupakan daun yang berasal dari pohon moringa oleifera yang memiliki banyak kandungan nutrisi baik mineral, vitamin, dan lainnya. Kandugan flavonoid pada daun kelor dapat membantu membuat produksi asi menjadi berlimpah. Manfaat daun kelor untuk ibu menyusui dalam hal memperbanyak produksi ASI tersebut sudah dibuktikan melalui penelitian ilmiah baik di dalam maupun di luar negeri.
  2. Meningkatkan kualitas ASI
    Daun kelor dikenal memiliki banyak potensi nutrisi yang terkandung di dalamnya beberapa kali lebih besar dari nutrisi pada bahan makanan lain. Daun kelor memiliki jumlah protein, vitamin, dan mineral, serta nutrisi lainnya yang dapat membantu meningkatkan kualitas asi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa daun kelor memiliki kandungan zat besi 25 kali lebih besar dibandingkan bayam, vitamin C 7 kali lipat dibanding jeruk, vitamin A 4 kali lipat dibanding wortel, kalsium 4 kali lipat dibanding susu, potasium 3 kali lipat dibanding pisang, dan protein yang 2 kali lipat lebih banyak dibanding susu. Berbagai kandungan berlimpah tersebut dapat dikonsusmsi sebagai salah satu cara meningkatkan kualitas asi agar bayi gemuk.
  3. Mengurangi gangguan perut
    Manfaat lain daun kelor untuk ibu menyusui adalah dapat membantu mengurangi gangguan yang terjadi pada perut seperti kram dan nyeri sisa proses persalinan. Kandungan zat besinya juga dapat membantu mengembalikan kebutuhan zat besi yang banyak hilang pasca melahirkan.
  4. Menjaga berat badan ibu menyusui
    Berat badan merupakan salah satu hal yang menjadi konsen ibu pasca proses kehamilan yang secara umum meningkatkan berat badan. Untuk membantu menjaga berat badan agar selalu seimbang maka konsumsi daun kelor secara rutin dapat dilakukan oleh ibu menyusui.
  5. Menghalangi terjadinya infeksi bakteri
    Daun kelor juga memiliki senyawa antibakteri yang dibuktikan dalam sebuah penelitian. Dengan kandungan senyawa antibakteri tersebut maka daun kelor dapat bermanfaat untuk melindungi tubuh ibu menyusui dari kemungkinan adanya infeksi bakteri.
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Berbagai kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalam daun kelor dapat membantu ibu menyusui dalam meningkatkan daya tahan tubuhnya. Peningkatan daya tahan tubuh tersebut dapat menjadikan ibu menyusui lebih kuat dan tidak rentan terhadap berbagai resiko penyakit sehingga tidak terjadi gangguan dalam proses menyusui.
  7. Memperlancar sistem pencernaan
    Maag bisa saja terjadi pada ibu menyusui yang akan menimbulkan rasa sakit berlebih pada bagian perutnya sehingga harus dicegah agar tidak terjadi. Kandungan antiinflmasi pada daun kelor dapat membantu mengatasi sakit akibat maag dan membantu memperlancar sistem pencernaan ibu menyusui.
  8. Menyehatkan kulitManfaat lainnya yang dapat diperoleh ibu menyusui dengan mengkonsumsi daun kelor adalah dapat menyehatkan kulitnya. Kesehatan kulit tersebut dapat diperoleh melalui kandungan vitamin C, antioksidan, dan beberapa mineral penting lain yang terdapat di dalam daun kelor.
  9. Mencegah terjadinya diabetes
    Tingginya kandungan seng pada daun kelor mampu membuatnya memiliki manfaat sebagai anti diabetes alami. Dengan adanya anti diabetes tersebut dapat menurunkan resiko ibu menyusui mengalami diabetes. Konsumsi daun kelor ini sangat cocok bagi ibu menyusui yang sudah memiliki riwayat diabetes.
  10. Menstabilkan emosi dan mood ibu menyusui
    Tingginya beban yang harus dihadapi oleh ibu menyusui untuk membesarkan serta memperhatikan perkembangan bayinya menjadikan kestabilan mood dan emosi sering tidak dapat terjaga. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, konsumsi daun kelor dapat membantu ibu menyusui untuk mengontrol emosi dan moodnya.

Itulah beberapa manfaat daun kelor untuk ibu menyusui yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya secara rutin melalui beberapa bentuk olahan sesuai selera, jika sang Ibu tidak menyukai aroma ataupun rasa dari daun kelor maka dapat juga mengkonsumsi secara rutin Kapsul Bubuk Daun Kelor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *